Kamis, 07 Juni 2012

Orang Terkaya Aceh

Banyak yang bertanya-tanya siapakah orang Aceh terkaya, dulu sebelum Ibrahim Risjad meninggal saya sempat mencari di mesin pencari Google dengan kata kunci "orang Aceh terkaya" namun saya tidak mendapatkan jawaban bahwa Ibrahim Risjad adalah orang Aceh yang memiliki kekayaan Triliunan rupiah.

Sewaktu saya kecil saya sering mendengar tentang Ibrahim Pidie, konon dia katanya memiliki kelapa sawit yang sangat luas sehingga kemegahannya menyebar ke setiap seantaro Aceh.

Pria kelahiran Sigli, 3 Maret 1934, ini adalah penguasa perekonomian Indonesia pada zaman Soeharto. bersama tiga pengusaha lainnya yaitu Liem Sio liong, Djuhar Soetanto dan Sudwikadmono ia berbagi peran dalam mendirikan perusahaan-perusahaan besar seperti PT Indocement Perkasa Tunggal Tbk, PT Indofood Sukses Makmur .Tbk, PT Kawasan Industri Jababeka .Tbk, indomobil, indosiar, indomaret, dan masih sangat banyak lagi perusahaan yang di tandai nama perusahaan mereka dengan awalan Indo.

Berita terbaru dari majalah Globe Asia 2012 menempatkan Amirsyah Risjad, seorang putra tertua Risjad sebagai orang terkaya ke 65 se Indonesia dengan kekayaan sekitar $470 juta, setelah setahun yang lalu menempati posisi 57.dengan kekayaan sekitar 469. Dengan bekal ilmu bisnis yang di pelajarinya di Amerika tidak mustahil putra tertua Risjad ini bisa menjadi 10 besar orang terkaya Indonesia, salah satu terobosan bisnisnya adalah dengan mendirikan perusahaan sendiri, yaitu Risjadson yang sebelumnya aset risjad bertebaran di berbagai perusahaan yang mayoritas sahamnya bukan mereka kuasai. Terobosan tersebut membuat banyak saham diperusahaan besar mereka jual di Indofood, Indocement, dll kemudian mereka dirikan perusahaan sendiri.

Kini bisnis keluarga Risjad dibawah bendera Risjadson .Tbk telah menjalar ke berbagai negara dapat diprediksi bersama Salim Group, Risjad memiliki saham di berbagai perusahaan manca negara seperti Hongkong, Helanda, Hingapura Malaysia, dll.

Pada 2010 Risjad Memutuskan menjual Berau Coal, perusahaan batu bara terbesar kelima di Indonesia  ke Group Bakrie dan Recapital, perusahaan keluarga Risjad mendapatkan dana $1,5 Miliar, sebuah angka yang fantastis, lastas kemanakah Group Risjad menggelontorkan dana sedemikian besar.

Memiliki kekayaan sedemikian besar membuat putra dari orang terkaya keturunan Aceh ini mudah mencari pasangan, tentu saja publik mengetahui bahwa Cynthia Yusuf (bibinya Marshanda) adalah Istrinya dari Rizal Risjad anak kedua Risjad, dan satu lagi adalah Diana pungki adalah istri dari dedey Risjad anak ke empat dari Risjad.

Akhirnya seperti kebanyakan manusia datang ke dunia dan pergi tanpa pernah kembali, Ibrahim Risjad harus berpulang kepada pemilik beliau pada kamis malam tanggal 16 April 2012 di Singapura karena sakit, di usianya 78 tahun. beliau meninggalkan seorang istri Kristy Dewi Risjad dan tujuh orang putra-putri yaitu Amirsyah Risjad, Rizal Risjad, Dedey Risjad, Selviya Risjad, Zarani Risjad, dan Radian Risjad.

Selamat Jalan Bapak Risjad Semoga amal Ibadah anda diterima disisi Allah SWT, Amin...


Sumber Artikel : Berbagai Sumber
Sumber Foto    : Kompas.com


4 komentar:

  1. unk ap ad org kya di aceh.klw pngguran msh bnyak...
    ap org kya hnya mmperkrj kn yg ky sj...

    bgai mna dgn km yg mskin....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
  2. Ibrahim Risjad (lahir di Reubee, Kecamatan Delima, Pidie, 2 Maret 1934 – meninggal di Singapura, 17 Februari 2012 pada umur 77 tahun) yang diyakini punya alur keturunan dari Tgk Chik Di Reubee ini mengawali petualangannya sebagai penjahit di pusat Kota Idi Rayek, Aceh Timur.

    Keuletan dan kepiawaiannya dalam berbisnis membuat Ibrahim berhasil mendapatkan kepercayaan dari para langgannya, hingga selepas lulus SLTA di Medan pada 1954, ia memulai kariernya pada sebuah perusahaan swasta. Pada 1965, almarhum sudah menjadi direktur CV Waringin.

    Pada 1968 hingga 1973, ia menjabat sebagai direktur II PT Waringin Kencana. Sejak 1973, Ibrahim Risjad menjabat sebagai direktur PT Indocement. Ia juga sempat menjabat sebagai presiden direktur PT Sarida Perkasa merangkap presiden direktur PT Branta Mulia sejak 1979. Pada 1986, menjabat direktur utama PT Semen Madura.

    Nama Ibrahim Risjad sebagai pengusaha papan atas Indonesia menjulang tinggi pada masa Soeharto berkuasa. Almarhum dikenal luas sebagai salah satu dari anggota The Gang of Four bersama tiga konglomerat lainnya, yakni Liem Sioe Liong, Sudwikatmono, dan Djuhar Sutanto.

    Sudwikatmono, adik sepupu Presiden Soeharto, bertugas menangani izin ekspor-impor. Ibrahim Risjad mencari kredit ke bank. Sedangkan urusan finansial perusahaan dikelola Liem Sioe Liong dan Djuhar Susanto. Usaha kelompok ini berkembang pesat dan segera menggurita. Impor film, jaringan bioskop, hingga pabrik terigu, dan semen dikuasai hampir tanpa pesaing.

    Ibrahim Risjad masuk dalam majalah forbes sebagai orang terkaya peringkat 64 dunia.

    BalasHapus