Kamis, 05 Januari 2012

Menulis Menuju Kaya


Menyandingkan dua kata Menulis dan Kaya memang jauh dari kenyataan, hampir kebanyakan penulis punya finansial tidak istimewa kecuali beberapa orang yang sudah super terkenal dan menelurkan karya beragam dan semuanya hampir dipastikan booming ke publik, karya mereka selalu di nanti-nantikan sebut saja J.K. Rowling dengan serial Harry Poternya. Nicholas Sparks yang terpilih penulis paling seksi, karyanya terbilang sangat seksi adalah The Notebook, Message In The Bottle, A walk to remember.  Stephanie Mayer lewat Twiligt, New Moon, Eclipse, Breaking Down dll. Stepehen Hawkings dengan karya-karya horornya. kemudian James Peterson yang didapuk sebagai penulis paling tajir sejagad versi Forbes 2010. Ada beberapa orang penulis lagi yang berhasil mendulang dolar lewat karya-karya mereka, tapi tidak terlalu banyak. sebagian besar mereka adalah warga negara barat.

Menariknya di era Posmedern penulis-penulis blog terbilang lebih sukses daripada mereka yang menfokuskan diri hanya untuk menulis, apakah penulis sastra atau jurnal-jurnal ilmiah. Penulis blog yang fokus konon katanya bisa menghasilkan ribuan dolar perbulannya, wow. penulis blog adalah mereka yang menulis apa saja khususnya yang paling banyak di cari warga internet. karena tulisan mereka, blog mereka menjadi terkenal dan dikunjungi ribuan setiap hari, nah darimanakah mereka menghasilkan uang, ya IKLAN.

beberapa blogger Indonesia yang sangat terkenal dan sangat sukses sebut saja Enda Nasution pemilik situs SalingSilang.com.  Anna Ahira pemilik situs Asianbrain.com, Lutvi Avandi pemilik situs kafegaul.com, cosaraanda, Radtya dika, Agnes Davonar dan masih sangat banyak lagi untuk disebutkan.

Bertaburnya iklan-iklan di sebuah blog adalah sebuah indikasi blog tersebut sudah sangat terkenal dan menjadi pusat informasi bagi penduduk dunia maya. maka tidaklah heran kenapa orang yang kerjanya cuma posting-posting tulisan di blog setiap hari bisa menghasilkan uang yang melimpah, dengan modal sedikit keahlian membuat blog dan kemampuan menulis artikel yang unik mereka tidak lagi bekerja di dunia nyata. mereka menjadi Blogger fulltime.

Hanya saja sukses penulis blog tidak di dapat secara instan, inilah salah satu alasan kenapa orang yang ingin menjadi penulis blog tidak bisa sukses. kesabaran selama beberapa bulan dan fokus untuk terus menulis adalah sebuah kunci, dan modal utama bagi seseorang yang ingin berprofesi sebagai penulis blog. 

Disisi yang lain menjadi penulis adalah pekerjaan yang istimewa, dengan menulis kita cenderung akan di ingat oleh generasi setelah kita. ada sebuah paragraf yang saya ingat dari Pramodia Ananta Noer "menulislah kamu selama kamu tidak menulis kamu akan hilang dalam arus pusaran sejarah". dengan menulis kita bisa meninggalkan peradaban.

Menulis juga bermanfaat mencurahkan kembali apa yang telah kita baca, jadi sangat disayangkan jika seorang kutubuku tidak menulis. karena apa-apa yang telah dibaca bisa terlupa, dan seandainya ditulis akan melahirkan sebuah gaya baru, pemikiran baru tentang beragam bacaan yang mereka baca.

Mumpung tidak ada pekerjaan atau waktu luang maka lampiaskan saja unek-unekmu ke blog, siapa tau suatu saat blog mu dapat bersaing dengan blog-blog yang sudah terkenal, dan tanpa disengaja bisa menghasilkan uang. semoga saja...

Sumber Tulisan : Berbagai Sumber di Google
Sumber Foto    : Forbes.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar