Kamis, 20 Desember 2012

Orang Terkaya Sumatra Utara

Mungkin dia adalah sosok ajaib dalam pentas 10 pengusaha terkaya di Indonesia, tak ada yang mengenal dia sebelumnya seorang pribumi blesteran batak Tiong Hoa, Martua Sitorus seorang sarjana ekonomi yang memulai usaha dari bawah hingga menjadi sangat besar dalam bidang agribisnis. Wilmar Corporation  adalah salah satu perusahaan yang didirikan Sitorus, bersama Kuok Khoon Hong pengusaha Malaysia yang merupakan keponakan dari Robert Kuok Orang terkaya Malaysia sekaligus orang yang membesarkan Kuok Group.


Wilmar sendiri adalah singkatan dari William(Wil) yang merupakan nama panggilan Kuok Khoon Hong dan Martua(Mar), mereka mengendalikan bisnisnya dari negeri Singapura, di Indonesia Martua memiliki sekitar 48 perusahaan salah satu perusahaannya di Indonesia PT Multimas Nabati Asahan, yang memproduksi minyak goreng bermerek Sania.

Data per Desember 2005 menunjukkan Wilmar memiliki total lahan perkebunan kelapa sawit 69.217 hektar, 65 pabrik, tujuh kapal tanker, dan 20.123 karyawan, membuat Wilmar menjadi perusahaan agrobisnis terbesar di Asia dan mengekspor produk-produknya ke lebih dari 30 negara

Meski peringkat terkaya yang dicapainya naik turun sejak 2006, namun tidak pernah bergeser dari posisi 15 besar orang terkaya. lelaki berumur 52 tahun ini menempati rangking ke 15 posisi terkaya di Indonesia per November 2012, seperti yang dilansir Forbes, Sitorus memiliki kekayaan $1.75 Miliar dolar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar